Memilih Distribusi Sistem Operasi Linux Paling Stabil (Menurut Saya)

By | Mei 13, 2020

Linux merupakan salah satu sistem operasi untuk komputer PC/Laptop yang saat ini sedang naik popularitasnya, sistem operasi ini dikenal stabil dan tentunya kebal dengan virus yang kebanyakan jalan di windows. Banyak distro Linux atau disebut distribusi linux(penjelasan bisa di link ini) yang dibuat oleh komunitas maupun perusahaan besar. Linux sendiri bersifat open source yang artinya source code atau kode programnya bisa didapat dengan gratis dan bisa kita modifikasi. Saya ga akan berpanjang lebar membahas apa itu Linux, silakan googling untuk mendapatkan informasi tentang sistem operasi linux. Kali ini saya akan membagi pengalaman saya dalam menggunakan sistem operasi Linux setelah mencoba beberapa distro linux yang jumlahnya puluhan (bahkan ratusan). Berikut beberapa Distro Linux yang pernah saya coba

  1. OpenSuse

Saya sempat menggunakan distro ini, karena tampilannya yang menawan dan tentunya mirip dengan windows sehingga lebih mudah beradaptasi. Support berupa update bagus, tapi menurut saya masih monoton dengan tampilannya, serta adanya isu kompatibiltas hardware dan dukungan driver.

2. React OS

React OS bisa dibilang OS yang dibuat agar berjalan seperti windows, ya menurut saya OS ini adalah setengah windows setengah linux. Proyek ini dibuat agar kita bisa menjalankan semua software yang ada di windows karena dia menggunakan sistem kernel yang mirip windows yaitu teknologi windows NT. Tampilannya sangat mirip dengan windows klasik, sampai tulisan ini dibuat versi terakhir adalah 0.4.12. Dilihat dari versinya OS ini sangat lambat dalam pengembangannya, sehingga tidak cocok untuk harian, namun untuk uji coba OS gratis dengan teknologi Windows boleh saja dicoba.

3. LInux Mint

Linux MInt merupakan Sistem Operasi Linux yang paling stabil setelah saya mencoba beberapa distro Linux, saat tulisan ini dibuat versi terakhir dari linux mint adalah 19.3 tricia. Saat ini distro ini merupakan os yang saya gunakan, setelah menggunakan OS ini beberapa saat saya merasakan ini adalah distro paling stabil, tampilanya sangat bagus, dukungan komunitas banyak, kompatibilitas hardware yang baik, saat ini, saya jatuhkan pilihan pada linux mint cinnamon.

4. ZORIN OS

Zorin merupakan sistem operasi linux yang dibuat agar pengguna windows maupun MAC bisa dengan mudah beralih ke Linux, tampilanya yang bisa dirubah mau seperti mirip windows maupun mirip MAC merupakan nilai tambah. Saya sempat beberapa saat menggunakan OS ini, tapi dukungan komunitas yang masih rendah serta kustomasi yang sedikit membuat saya berpaling ke linux mint.

Demikian sedikit tulisan tentang Linux dan distro yang paling stabil menurut saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *